Minggu, 07 September 2014

Mengurangi Rasa Sakit Karena Wasir

Banyak wanita rentan menderita wasir selama masa  kehamilan. Pada usia sekitar 50 tahun,gejala penyakit wasir yang sering dialami meliputi nyeri dubur, gatal, perdarahan, dan mungkin prolaps (wasir yang menonjol melalui lubang anus). Meskipun wasir tidak terlalu berbahaya, tetapi itu sangat menggangu dan sangat menyakitkan. Untungnya banyak cara mengobati wasir yang ampuh untuk mengatasinya.

Defenisi Wasir

Kebanyakan wasir terjadi ketika pembuluh vena menjadi bengkak dan menggembung. Ada dua jenis wasir yaitu wasir internal yang terjadi pada rektum yang berada pada bagian dalam, dan wasir eksternal yang berkembang di bawah kulit di sekitar anus dan sangat mengganggu, karena kulit yang di atasnya menjadi teriritasi dan mengikis. Bentuk gumpalan darah dalam wasir eksternal berupa benjolan di sekitar anus yang  menyebabkan rasa sakit tiba-tiba serta gatal karena mengalami iritasi. Wasir internal juga menyakitkan,bahkan sering menyebabkan pendarahan yang biasa diketahui lewat tisu toilet yang kita gunakan atau menetes ketika kita buang air besar. Ketika wasir menonjol dapat mengumpulkan sejumlah lendir dan partikel mikroskopis tinja yang dapat menyebabkan iritasi gatal yang disebut pruritus ani, dan jika digaruk akan menimbulkan dampak yang serius.

Penyebab Wasir

Para ahli menyimpulkan ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab penyakit ambeien, tetapi sebagian masih dilakukan penelitian. Secara tradisional, wasir berhubungan dengan sembelit kronis, mengedan saat buang air besar, dan lama duduk di toilet yang semuanya mengganggu aliran darah ke dan dari anus yang menyebabkan membesarnya pembuluh darah. Ini juga menjelaskan mengapa wasir umum menjangkit selama masa  kehamilan, karena ketika rahim membesar akan menekan pembuluh vena.

Kajian terbaru menunjukkan bahwa pasien dengan wasir cenderung memiliki otot polos dari lubang anus cenderung lebih ketat daripada rata-rata (bahkan ketika tidak tegang). Sembelit akan menyebabkan masalah wasir semakin besar, karena mengedan saat buang air besar akan meningkatkan tekanan di dalam lubang anus dan mendorong wasir terhadap otot sfingter yang menyebabkan terjadi pembengkakan di bagian anus.

Mendiagnosis wasir

Penyakit Wasir biasanya dapat didiagnosis dari riwayat kesehatan sederhana dan pemeriksaan fisik. Wasir eksternal umumnya jelas, terutama jika bekuan darah telah terbentuk. Dokter Anda mungkin melakukan pemeriksaan dubur untuk memeriksa darah dalam tinja. Dia juga dapat memeriksa lubang anus dengan anoscope, tabung plastik pendek dimasukkan ke dalam rektum dengan pencahayaan. Jika ada bukti perdarahan rektum atau darah mikroskopis dalam tinja, sigmoidoskopi fleksibel atau kolonoskopi dapat dilakukan untuk menyingkirkan penyebab lain perdarahan, seperti polip kolorektal atau kanker, terutama pada wanita di atas usia 50 tahun.

Perawatan di Rumah

Agar kita aman dari wasir kita harus memperhatikan pola makan kita sehari-hari. Kita harus sering makan makanan yang berserat dan mengandung kadar air yang banyak, jika perlu kita dapat mengkonsumsi suplemen serat yang dijual di toko-toko obat. Serat berguna untuk melembutkan tinja dan mengurangi tekanan pada wasir yang mengalami fase dorman agar tidak aktif.

Makanan tinggi serat termasuk brokoli, kacang-kacangan, gandum, dan buah segar. Jika diperlukan suplemen serat membantu mengurangi pendarahan pada wasir, peradangan, dan pembesaran. Mereka juga dapat mengurangi iritasi dari sisa-sisa tinja yang terperangkap di sekitar pembuluh darah di area anus. Memang makanan berserat akan menayebabkan perut kembung karena mengandung kadar gas yang cukup tinggi, tetapi makanan berserat sangat penting bagi tubuh kita dan berguna juga sebagai penyeimbang cairan ditubuh kita. Kita wajib mengkonsumsi serat minimal 25-30 gram perhari dan diimbangi dengan olah raga teratur. Berolah raga minimal 30menit perhari akan meningkatkan metabolism tubuh dan merangsang kerja organ-organ tubuh kita.  Ketika Anda merasakan dorongan untuk buang air besar, pergi ke kamar mandi segera, jangan menunggu sampai waktu lama.

sumber : klinik ambeien

Tidak ada komentar:

Posting Komentar